Thursday 15 December 2016

Teknologi Sebagai ‘Bius’ Mengerikan


Oleh : Welluril


           Teknologi dan internet seakan sudah masuk dan menjadikan salah satu unsur pentingdalam kehidupan manusia sekarang ini. Bahkan tidak jarang generasi muda justru tidak menyadari sisi negatif dari teknologi internet tersebut.
          Salah satu sarana yang men­jadikan tanda kebangkitan era teknologi digital dan internet adalah munculnya perangkat-perangkat pintar yang da­­pat dibawa dan digunakan ka­pan dan dimana saja, seperti smart­phone. Teknologi sudah ber­kembang sedemikian cepat, dan ke­hi­du­pan sehari-hari pasti erat kaitannya dengan penggunaan teknologi sebagai alat untuk mempermudah manusia dalam kehidupan bermasyarakat. Te­tapi dalam penggunaannya harus tahu dampak yang akan terjadi dikedepan hari. Jangan sampai menyesal dikemudian hari akibat salah menggunakan teknologi. Maka dari itu di­perlukan kewaspadaan dalam menggunakannya.
            Adanya kemajuan dalam per­­­kembangan teknologi in­for­masi sagat berpengaruh dalam kehidupan masyarakat. Perubahan perilaku masyara­­kat ini akan semakin jelas terlihat pada zaman sekarang diban­ding dengan zaman dahulu. Masya­rakat zaman dahulu untuk da­­pat berkomunikasi melalui surat, tapi sekarang teknologi sudah canggih, tak perlu lagi menggunakan surat. Masya­rakat dimudahkan dalam ber­komunikasi, bisa dari sms atau telpon. Terlepas dari segala macam kontroversinya, boleh diakui masyarakat masa kini tak bisa lepas dari teknologi dan internet. Internet bisa menguntungkan, namun ter­kadang merugikan. Walau mempunyai sisi posi­tif, na­­mun teknologi juga memiliki si­s­i negatif. Hal tersebut diutara­kan oleh menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Ia mencontohkan sisi negatif dari teknologi dan internet adalah perubahan perilaku seseorang yang lebih mendahulukan sisi teknologinya dari pada sisi sosialnya di dunia nyata.
         Teknolgi juga mengubah kehidupan kita menjadi berbeda. Kalau dulu biasanya bangun tidur langsung mandi, sekarang kebiasaan pun menjadi be­rubah (Penulis wartawan di sebuah media Harian tinggal di Solok)


No comments:
Write komentar

Label

Apakah Anda Puas Setelah Membaca Berita Di Kabar Ranah Minang