Sunday 4 December 2016

Ketua DPRD Kab Solok Mengimbau Agar Masyarakat Selalu Wapada Terhadap Bencana


Ketua DPRD Kab Solok Mengimbau Agar Masyarakat Selalu Wapada Terhadap Bencana

SOLOK, KRM-
          Ketua DPRDKabupaten Solok, H. Hardinalis Kobal, SE, MM, kembali menghimbau agar masyarakat Kabupaten Solok yang tinggal di lokasi rawan longsor, agar meningkatkan kewaspadaan, karena musim hujan dan angin kencang ditambah cuaca ekstrim yang melanda Kabupaten Solok dalam sebulan terakhir.
            “Kita menghimbau agar masyarakat kita yang bermukim di daerah perbukitan atau daerah rawan longsor, agar selalu berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan, karena daerah kita sangat rentan terhadap bahaya longsor,” jelas H. Hardinlais Kobal, SE, MM, Senin (5/12). Dijelaskan H. Hardinalis, dua peristiwa longsor yang terjadi akhir Agustus 2016 dan pertengahan Oktober yang merengut korban jiwa, cukup menjadi pelajaran bagi masyarakat. “Kita memang menyadari, musibah itu datang tidak mengenal waktu, tetapi kita harus tetap waspada, karena masyarakat Kabupaten Solok banyak yang tinggal di daerah rawan bencana,” himbau H. Hardinalis Kobal.
           Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok, Sony Sondra juga berharap yang sama dengan Ketua DPRD. Sony juga mengingatkan agar seluruh masyarakat Kabupaten  Solok  untuk meningkatkan kewaspadaannya terhadap ancaman bencana longsor, terutama mereka yang tinggal di daerah perbukitan tadi. “Kabupaten Solok, termasuk salah satu Kabupaten di Sumatera Barat yang rentan terhadap bahaya longsor. Selain wailayahnya masuk daerah perbukitan, penduduk Kabupaten Solok juga  banyak yang tinggal dan mendiami lembah dan dataran Bukit Barisan. Selain itu, curah hujan yang intensitasnya masih tinggi, bisa asaja menimbulkan bahaya longsor yang sewaktu-waktu bisa menimpa,” jelas Sony Sondra. Ditambahkannya, BPBD telah melakukan pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan pemahamannya mengenai bencana serta telah membuat sistem komunikasi saat terjadi bencana. Bahkan beberapa nagari sudah memiliki pemuda siaga benacana, untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu terjadi musibah.

      Sebelumnya Bupati Solok, H. Gusmal, juga sudah mewanti-wanti agar masyarakat Kabupaten Solok terus waspada terhadapa bahaya longsor, banjir dan bencana lainnya, terutama pada saat musim hujan seperti sekarang.  Beberapa wilayah yang rawan longsor di Kabupaten Solok adalah kawasan jorong Bungo Tanjung Saok Laweh, Aie Dingin di Lembah Gumanti, Lolo, Surian, Sulit Air, Bukit Sileh, Koto Anau, Sirukam, Batang Barus, Cupak dan beberapa daerah lainnya di Kabupaten Solok (wandy)

No comments:
Write komentar

Label

Apakah Anda Puas Setelah Membaca Berita Di Kabar Ranah Minang