Wednesday 9 November 2016

Naik Pesawat Kini Ndak Aman......

OLEH: WANDY

Naik Pesawat Kini Ndak Aman......
            CERITA tentang pemilu untuk memilih anggota legislatif, kini sudah agak sepi dan sudah mulai membosankan masyarakat Minang, termasuk bagi warga di Simpang Ojek Tugu, Koto Gadang Guguk, kecamatan Gunung Talang. Justru yang kembali kian menghangat adalah masalah hilangnya secara misterius pesawat milik Malaysia MH370, yang jatuh sejak 8 Maret 2014 lalu, dari Kualalumpur, Malaysia dengan tujuan China.
            “Baa kelanjutan cerito kapa tabang milik Malaysia tu, da! Apo memang tak bisa ditamukan kotak hitamnyo,” tutur si Ramin, yang siang itu mangkal di pangkalan ojek, Simpang Tugu sambil menunggu sewa. “Biaselah Min, mangalo itu nan kito urus. Rancaklah karajo awak se di dikakok. Sekali tukang ojek tetap tukang ojek,” sela Koyek sambil menghibur hatinya yang sedang galau, sebab makin hari sewa makin berkurang karena hampir setiap  rumah saat ini sudah punya motor bahkan mobil pribadi. Koyek juga merasa galau, karena jagoannya pada pemilu pileg kemaren, kandas semua. Jika waktu musim kampanye, masih ada caleg yang suka datang untuk menggunakan jasa mereka, seperti untuk memasang baliho dan mengedarkan kartu nama dengan memberi uang jasa yang lumayan, bahkan cukup untuk makan dua hari dengan dua orang anak. Namun Sudah satu Minggu ini sewa tampak sepi.   “Iyo juo mah da, dengan kajadian tu, banyak urang kini nan ngari naik pesawat, munkin karena takut jatuh. Mano tau kini urang babaliek mamiliah naik ojek,” tutur Ramin lagi. “Tapi kalau ka Jawakarta indak mungkin naik ojek do Min, kan lebih cepat naik pesawat atau kapa tabang. Masalah umur, rezki dan jodoh, sudah ada yang ngatur,” jelas Amran, yang dari tadi tampak asyik membaca Koran Padang yang mulai tampak lusuh, karena dibaca bergantian tentang dugaan kecurangan pengelembungan suara di salah satu nagari di Kabupaten Solok.
            “Tu bilo kaditamukan black box tu, da! Kan katonyo nan ikuik mancari pesawat tu sudah dari negara maju dengan segala teknology kecanggihannyo. Tamasuek robot bawah laut yang dikirim Amerika untuk mancari kotak hitam tu. Tapi kok sampai kini alun juo manamui titik tarang lai. Cubo kalau ado nan berani mambayia awak disiko, pasti akan awak cari basamo-samo kotak hitam du mah. Awak kan paralu pitih untuak anak ka masuek SMA  tahun kini ko, ndak da?,” tanyo Koyek sambil bagurau kepada Ramin. Namun cerita menjadi makin tampak seru, karena tiba-tiba saja Mak Uwo datang menyela smbil megalihkan cerita dan mengatakan bahwa tidak satupun caleg di nagarinya yang duduk di DPRD Kabupaten, Provinsi maupun DPR RI. “Info ko akurat mah, tadi urang KPU bana nan carito, keceknyo ndak ado urang nagari awak nan kaduduek di parlemen do. Nan taduduek iyo banyak,” cetus Mak Uwo. Bahkan menurut Mak Uwo, nagarinya akan rugi besar, kalau tidak punyo perwakilan di DPRD. “Lain kali awak minta caleg di nagari awak ko bakaco talabiah dulu. Makasuiknyo caleg yang akan maju harus maukue bayang-bayang, indak asal sato mancalek se do,” tambah Mak Uwo lagi.

            “Yolah, awak ganti tofik carito awak baliak, kalau masalah kotak hitam itu alah ado nan mancari. Tapi masalah sia-sia nan ka duduek dan nan taduduek di DPRD, awak ndak asah mangecek se do. Bialah awak manunggu pengumuman resmi dari KPU dulu,” sambuang Koyek dan dianggukan oleh yang lain***

No comments:
Write komentar

Label

Apakah Anda Puas Setelah Membaca Berita Di Kabar Ranah Minang