Wednesday 9 November 2016

Kesempatan Dalam Kesempitan

WANDY

Kesempatan Dalam Kesempitan
            BAGI sebahagian masyarakat Minang yang tinggal di kampung halaman, libur hari lebaran Idul Fitri 1437 lalu adalah rahmat dan berkah yang susah dilupakan, termasuk di Kabupaten penghasil bareh tanamo, yakni Kabupaten Solok. Bayangkan saja, dengan banyaknya warga Minang yang pulang dari rantau seperti Jakarta, Bandung, Riau dan beberapa daerah lainnya di Indonesia, rezeki para pedagang di sepanjang jalan melonjak sampai tiga kali lipat dari hari biasanya. Bahkan tidak sedikit pedagang musiman yang muncul untuk ikut berjualan menikmati keuntungan yang datang satu kali setahun itu.
            Hanya saja, banyak dari pedagang yang memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan. Artinya, jika hari biasa mereka menjual dagangannya dengan harga normal, maka kali ini harga dagangan bisa dinaikan dua atau tiga kali lipat bahkan semaunya. Seperti pedagang jagung bakar yang berjualan di sepanjang jalan Padang Solok dan dari Lubuk Selasih menuju nagari Air Batumbuk atau sepanjang kebun teh PTPN VI misalnya, selama musim libur lebaran mereka mematok harga yang tinggi. Puluhan pedagang jagung bakar kewalahan melayani permintaan pembeli, bahkan terkadang pasokan jagung pada banyak yang terhenti dan tengah hari sudah habis. Betapa tidak, para pemudik yang datang ke kampung, banyak yang menghindari macet dan memilih berhenti di jalan sambil menikmati pemandangan kebun teh sepanjang nagari Batang Barus yang mempesona, sambil berfhoto ria untuk sekedar dimasukan ke facebook atau untuk dilihatkan kepada kawan-kawan di rantau sebagai bukti pulang kampung.
            Tetapi kini para pedagang jagung bakar dan oleh-oleh asli Kabupaten Solok yang dijajakan di pinggir jalan lintas Sumatera, mulai sepi pembeli. Banyak dari pedagang yang hanya melonggo di kedai mereka, sambil berharap ada pengendara yang berhenti untuk membeli dagangan mereka. “Baa uni, lah pacah talue dari pagi?,” tanyo Si Joni, seorang pedagang jagung bakar di Kelok Jariang, nagari Batang Barus yang kanan kirinya di lingkari perkebunan teh milik PTPN VI. “Alun lai, Jon! Dari pagi uni alun ado nan mambali lai. Mungkin urang urang awak alun baminat makan jaguang lai, sabab kue rayo masih banyak di rumahnyo,” jawab Uni Ida, penjual jagung bakar yang bersebelahan dengan Joni. “Tapi untuang hari rayo patang kan alun habis lai, jadi agak sapakan ndak ado nan mambali samo sajonyo,” sela Joni lagi. “Kalau dipikia-pikia, untung sapakan patang jo ndak ado jua bali salamo duo hari, samo sajo jatuahnyo mah, Jon. Kalau bisa, bialah untuang ketek, tapi awak jua bali rutin. Untuak apo mancakiak urang, kalau sudah itu awak lo nan tacakiak lai,” seloroh Uni Ida, seakan-akan mulai menyadari bahwa selama libur hari rayo, kedai jagung bakarnya diserbu pengunjung dan harga juga dinaikan semaunya saja, namun sekarang sudah dua hari, hanya ada dua orang pembeli. Bahkan Uni Ida juga berucap dalam hati, bahwa mungkin ini karma bagi dirinya. “Kalau dipikia-pikia, rancaklah awak indak manaikan harago patangko, tapi tiap hari awak bisa jua bali,” ungkap Uni Ida kepada Joni.

            “Tapi patangko kesempatan ni, kalau ndak hari rayo, bilo lo urang rantau tu kamaagiah THR ka urang kampuang,” tutur Joni kepada Uni Ida. “Lho, kalau itu ndak THR namonyo tu, Jon! Tu marampok namonyo tu!,” tutur Mak Malin, yang kebetulan berdagang air mineral disebelah Joni. “Iyo juo mah Mak Malin, rayo bisuek ko, wak ndak boleh menaikan harga lai. Mambalehnyo ka wak sarupo kini ko,” cetus Joni, yang dianggukan oleh Uni Ida tanda setuju***

No comments:
Write komentar

Label

Apakah Anda Puas Setelah Membaca Berita Di Kabar Ranah Minang