Sunday 20 November 2016

Forum Seni Anak Nagari Gelar Kesenian Tradisional

Forum Seni Anak Nagari Gelar Kesenian Tradisional
SOLOK, KRM-
            Guna terus membudayakan kesenian tradisionil Minangkabau, Forum Seni Anak Nagari Taruang-Taruang, kecamatan IX Koto Sungai Lasi, Kabupaten Solok yang berkolaborasi dengan Kota Sawahlunto, menggelar pertunjukan kesenian asli Minang, khususnya kesenian randai, bertempat di nagari Taruang-Taruang, kecamatan IX Koto Sungai Lasi, Kabupaten Solok, belum lama ini. Acara tersebut dihadiri Bupati Solok, H. Gusmal, Camat IX Koto Sungai Lasi, Efiardi, Ketua Forum Indra Gunawan, Walinagari Taruang-Taruang dan ratausan amsyarakat setempat.
          Ketua Forum Seni Anak Nagari,  Indra Gunawan dalam laporannya menyampaikan bahwa Forum ini terbentuk pada tinggal 17 Oktober 2015, dengan berkolaborasi antara Kab Solok dengan Sawahlunto maka lahirlah sebuah forum yang diberi nama forum Seni Anak Nagari. “Dasar terbentuk forum seni anak nagari ini adalah karena kami melihat semakin kurangnya minat para generasi muda kita dalam kesenian tradisional Minangkabau khususnya randai. Dengan adanya forum ini, kita harapkan dapat memfasilitasi dan memupuk minat para anak-anak muda kita untuk terus melestrarikan kesenian randai ini, karena saat ini grup-grup randai itu seperti mati suri,” jelas Indra Gunawan. Ditambahkannya, acara tersebut dikemas seperti arisan sekali 3 bulan, forum ini terdiri dari 26 kelompok randai baik di Kabupaten Solok ataupun dari Sawahlunto dan sekitarnya
             Bupati Solok H. Gusmal yang membuka acara Forum Kesenian Anak Nagari tersebut menyampaikan bahwa Pemkab Solok sangat memberi apresiasi sekali dengan adanya forum ini tentu akan semakin mempererat hubungan antara Kabupaten Solok dengan Sawahlunto. “Sebagai kepala daerah, saya sangat mensuport sekali berkembangan kesenian tradisional anak nagari ini khusunya randai. Saat ini kita di Kabupaten Solok sudah sangat minim sekali berlatih anak generasi penerus dalam pengembangan kesenian tardisionil, seperti randai. Untuk itu, Bupati berencana pada setiap saat acara-acara besar akan kita ditampilkan randai ini, guna lebih memperkenalkan lagi randai tersebut. “Pada bulan Desember mendatang akan kita adakan festifal randai tingkat Kabupaten Solok. Untuk itu, kepada Forum Kesenin  khususnya randai, untuk dapat menampilkan kesenian randai yang sudah dibina. “Saya juga menyampaikan selamat kepada ketua forum yang telah bergerak sejak beberapa waktu yang lalu, ini adalah prgogam yang baik dalam mempertahankan dan melestarikan kesenian daerah khusunya randai di Minangkabau,” terang H. Gusmal.

          Bupati mengajak forum untuk melatih anak-anak agar mereka mencintai kesenian minang dan tidak terpengaruh oleh hal-hal negativ yang sudah merusak anak-anak muda kita seperti narkoba, dengan semakin maraknya kegiatan seni anak nagari ini para generasi muda kita dapat terhindar oleh hal-hal tersebut (wandy)

No comments:
Write komentar

Label

Apakah Anda Puas Setelah Membaca Berita Di Kabar Ranah Minang