Saturday 3 December 2016

Timnas Indonesia Butuh Hasil Seri di Hanoi Untuk Melangkah ke Final



















 Timnas Indonesia Butuh Hasil Seri di Hanoi Vitenam Untuk Melangkah ke Final

SOLOK, KRM-
Tim Nasional Indonesia  tinggal selangkah lagi melaju ke partai final Pila AFF 2016 . Skuat Garuda menang 2-1 atas Vietnam  di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (3/12/2016) pada leg pertama Semifinal Piala AFF 2016.
Kemenangan Timnas di cetak oleh Hansamu Yama  pada menit ke -7 setelah memanfaatkan  umpan lampung dari tendangan pojok  dari  Rizky Pora. Tendangan tersebut tidak bisa dihentikan oleh penjaga gawang Vietnam Tran Nguyen Manh. Namun keunggulan tersebut tidak berangsung lama. Pada menit ke-17, pemain Vitnam mendapat hadiah pinalti dari wasit asal Australia. Menit 17, Vietnam menyamakan skor. Mereka tiba-tiba mendapatkan hadiah penalti dari wasit. Beny Wahyudi dianggap mendorong lawan di kotak penalti. Keputusan yang kontroversial dan sempat diprotes, tapi itu tetap tidak menggoyahkan sang pengadil lapangan hijau. Nguyen Van Quyet dipercaya maju sebagai eksekutor. Dengan tenang dia memperdayai kiper Kunia Meiga. Kedudukan 1-1. Hadiah pinalti untuk Vitnam tersebut, sempat diprotes keras oleh para pemain Timnas, seperti kapten Tim Boaz, yang kurang mengerti kenapa wasit asal Australia memberikan hadiah pinalti kepada Vitnam, meski sebenarnya pelanggaran pemain belakang kepada vitnam seperti tidak wajar berujung pinalti.
Namun pemain Timnas bersikap dewasa dan melanjutkan bermain.
             Gol kemenangan Skuat Garuda tercipta pada awal babak kedua. Indonesia mendapat hadiah tendangan penalti setelah Que Ngoc Hai menjatuhkan Stefano Lilipaly. Boaz Salossa yang mengeksekusi tendangan penalti menyepak bola ke pojok kanan atas gawang Vietnam tanpa bisa dihentikan Tran Nguyen Manh. Indonesia terus menekan Vietnam demi mencari gol tambahan. Tapi memasuki menit 70 permainan mengendur dan giliran lawan yang mengambil inisiatif serangan. Serangan demi serangan terus dilancarkan Vietnam di 10 menit akhir pertandingan. Untungnya pertahanan Indonesia juga sudah siap mengantisipasi. Dengan tenang bek-bek menghalau setiap gempuran sekaligus mempertahankan kemenangan 2-1 hingga pulit panjang ditiup wasit.
            Meski jauh dari kata aman, yang jelas hasil ini bisa menjadi modal bagus untuk menghadapi leg kedua. Indonesia harus bertandang ke Vietnam pada Rabu, 7 Desember 2016 nanti. Kemenangan di Stadion Pakansari membuat rekor pertemuan Alfred Riedl dan Nguyen Huu Thang imbang. Dari tiga pertemuan, Rield meraih satu kemenangan, Huu Thang juga menorehkan satu kemenangan, dan satu laga berakhir imbang.
Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo, telah tiba di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor. Jokowi hadir untuk menyaksikan langsung pertandingan Indonesia melawan Vietnam pada leg pertama babak semifinal Piala AFF 2016. Presiden Jokowi, tampil santai dengan jaket berwarna gelap. Mantan walikota Solo itu langsung menuju tempat yang sudah disediakan oleh pihak panitia di area VVIP. Kehadiran orang nomor satu di republik Indonesia itu disambut meriah suporter yang hadir.
Jokowi duduk di sebelah Ketua Umum PSSI yang baru, Letnan Jenderal (Letjen) TNI, Edy Rahmayadi.

Catatan penting dalam pertemuan Indonesia lawan Vietnam diantaranya  Hansamu Yama Pranata tampil gemilang dalam debutnya di Piala AFF 2016 bersama Timnas Indonesia. Golnya pada menit ketujuh merupakan gol pertamanya untuk timnas senior.

 Banyak Kebobolan
Hingga babak semifinal Piala AFF 2016, gawang Timnas Indonesia yang dikawal Kurnia Meiga sudah kebobolan delapan gol. Meiga menjadi kiper paling banyak kebobolan di Piala AFF 2016.
Pemain Paling Kreatif
Rizky Pora menjadi pemain paling kreatif Timnas Indonesia di laga melawan Vietnam. Dia melepaskan tiga umpan silang, satu di antaranya menjadi gol untuk Skuat Garuda.
Dia juga tercatat melepaskan 25 umpan, 18 di antaranya mengarah ke pemain Indonesia. Akurasi umpannya sebesar 70 persen.
Boaz Salossa sudah cetak tujuh gol di Piala AFF 2016.

Boaz Salossa
Dengan golnya yang dicetak ke gawang Vietnam, Boaz Salossa sudah mencetak tujuh gol sepanjang kariernya di Piala AFF. Jumlah golnya sama dengan yang dicetak Zaenal Arif pada ajang ini.

Boaz juga tercatat sebagai pemain terbanyak yang melepaskan sepakan tepat sasaran di Piala AFF 2016. Dia sudah melepaskan 12 tembakan yang mengancam gawang Vietnam.
Indonesia menang 2-1 atas Vietnam pada leg pertama semifinal Piala AFF 2016.
 Kemenangan Ketiga
Hasil di Stadion Pakansari membuat Indonesia mencatatkan kemenangan ketiga atas Vietnam dari delapan pertemuan di ajang Piala AFF. Sisanya, Indonesia menelan sekali kekalahan dan empat hasil imbang.

Susunan pemain:

Indonesia: Kurnia Meiga; Beny Wahyudi, Hansamu Yama, Manahati Lestusen, Abduh Lestaluhu; Rizki Pora, Bayu Pradana, Stefano Lilipaly, Andik Vermansyah (Zulham Zamrun 90'); Boaz Solossa (Evan Dimas 81'), Ferdinand Sinaga (Lerby Eliandry 63').

Vietnam: Tran Nguyen Manh; Tran Dinh Dong, Que Ngoc Hai, Bui Tien Dung, Pham Thanh Lurong (Dinh Thanh Trung 83'); Nguyen Tron Hoang (Nguyen Van Toan 75'), Lurong Xuan Truong, Vu Van Thanh; Le Cong Vinh, Le Van Thang, Nguyen Van Quyet (Nguyen Cong Phurong 89').


 (Berbagai Sumber/Liputan6.com/Helmi Fitriansyah/wandy)

No comments:
Write komentar

Label

Apakah Anda Puas Setelah Membaca Berita Di Kabar Ranah Minang