Tuesday 13 December 2016

BMN dan Walinagari Dihimbau Saling Bersinergis Membangun Nagari



























Mari Bersinergis Membangun Nagari

SOLOK, SC
            Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo meminta antara pihak pemerintahan nagari dan BMN serta masyarakat, bahu membahu dalam membangun nagari, sehingga tercapai kesejahteraan masyarakat yang selama ini didambakan oleh semua pihak.
            “Saat ini pemerintah pusat sudah mengucurkan dana yang cukup besar untuk pembangunan nagari, sehingga pemerintah nagari bisa memanfaatkan dana tersebut dengan sebaik mungkin, namun harus bermusyawarah dengan tokoh masyarakat dan BMN di nagari masing-masing, agar tidak ada saling mencurigai,” jelas H. Gusmal, Senin (12/12) di Guguk Solok. Dijelaskan Gusmal, saat ini di Kabupaten Solok juga sudah terbentuk Forum BNM se Kabupaten Solok dan juga Forum Walinagari se Kabupaten Solok. “Dengan adanya kedua forum ini, kita mengharapkan agar hubungan antara pemerintah nagari dan BMN semakin harmanis. Pemerintah nagari sebagai ujung tombak pemerintahan, juga harus pandai-pandai dengan BMN dan BMN juga jangan selalu mencurigai pemerintahan nagari. Mari saling bersinergis,” jelas H. Gusmal.
            Ketua Forum Forum Badan Musyawarah Nagari (BMN)  Kabupaten Solok, Drs Rusli Intan Sati, MM menyebutkan bahwa dirinya siap memfasilitasi para anggota BMN se Kabupaten Solok, dalam rangka menyambung lidah anggota BMN ke pemerintah derah, termasuk menjalin kerjasama dengan Forum Walinagari Sekabupaten Solok.
            “Sebenarnya kalau niat kita baik, apa yang akan kita kerjakan pasti akan bermanfaat. BMN sebagai DPRnya di nagari, jangan terlalu ikut campur atau mencikaroi urusan atau masalah Pemerintahan nagari, sebab hal itu ranahnya sudah berbeda. Cuman kalau pemerintah nagari salah, tentu kita hanya bisa mengingatkan saja,” terang Rusli Intan Sati, Minggu (30/10). Ditambahkan Rusli Intan Sati, dirinya sangat sepakat jika BMN sebagai mitra walinagari dalam membangun nagari masing-masing, harus bisa bersinergis dengan pemerintahan nagari, bukan menncurigai pemerintahan nagari. Kalau BMN bisa bekerjasama dengan pemerintah nagari untuk membangun nagari, maka akan lahir hubungan yang harmonis di nagari, sebab tidak lagi saling mencurigai, kemana pemerintah nagari menggunakan uang bantuan desa atau lainnya..

            Baik Forum BMN dan Forwana, akan selalu menampung keluhan para BMN atau masalah yang dihadapi walinagari yang ada di Kabupaten Solok. Setidaknya di Kabupaten Solok ada 74 nagari dengan berbagai persoalan yang berbeda yang dihadapi nagari tersebut. Sementara Ketua Forum Walinagari (Forwana) Kabupaten Solok, Syamsul Azwar menyebutkan bahwa antara Walinagari dan BMN yang ada di Kabupaten Solok, sebagai bagian dari pemerintahan, harus berperan dalam mensukseskan pembangunan di nagari masing-masing. “Sebagai bagian dari pemerintahan, kita sepakat untuk mensukseskan segala kegiatan pemerintah nagari sebagai penopang keberhasilan Empat Pilar Agenda Pembangunan Kabupaten Solok Lima tahun ke depan,” jelas Ketua Forwana, Syamsul Azwar yang diamini Sekretaris Forum, Arnold Piliang (wandy)


No comments:
Write komentar

Label

Apakah Anda Puas Setelah Membaca Berita Di Kabar Ranah Minang