Saturday 19 November 2016

Timnas Thailand Tumbangkan Indonesia 4-2 Pada Pembukaan Piala AFF


Timnas Thailand Tumbangkan Indonesia 4-2 Pada Pembukaan Piala AFF
SOLOK, KRM

Mengawali laga piala AFF 2016, Tim Nasional Indonesia menelan kekalahan pahit 2-4  dari Tim Nasional negara gajah putih Thailand, di Philippine Stadium, Bocaue, Sabtu petang. Kekalahan itu, menunjukan bahwa tim nasional Indonesia masih jauh kualitasnya di banding negara ASEAN lainnya.
         Bek kiri Thailand, Teerasil Dangda, berhasil melesetkan tiga gol ke gawang Kurnia Mega dan satu lagi oleh Peerapat Notchaiya. Bhkan Thailand sudah unggul 1-0 pada menit keempat, memanpaatkan kesalahan pemain belakang Indonesia asal Persib Bandung, Yanto Basno yang melakukan blunder. Sementara dua gol Indonesia dicetak Boaz Solossa dan Lerby Eliandri. Dari segi kualitas dan kesiapan, Thailand jauh lebih matang dari Indonesia, meski perjuangan anak-anak Garuda ini perlu diberi acungan jempol. Sebelum laga melawan Indonesia, Minggu lalu Thailand sudah bisa menahan imbang negara Kangguru Australia dengan skor 2-2. Laga Thailand melawan Australia itu, juga merupakan kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Asia. Sebelumnya Indonesia sudah bertekad untuk menumbangkan Thailand, namun hasilnya berkata lain. Tim Nasional Indonesia bermain dengan skema 4-4-2, mengandalkan  pemain gaek Boaz Solossa dan Lerby Eliandri di lini depan. Secara staistik, Thailand unggul segalanya, bahkan sampai 61 berbanding 39 untuk Thailand.
         Saat Timnas tertinggal, pemain Indonesia mulai bangkit. Skuat asuhan Alfred Riedl ini mulai tampil agresif dengan mengandalkan sektor sayap. Indonesia pun sempat mengancam melalui aksi Boaz Solossa pada menit ke-19, meskipun pada akhirnya sanggup diantisipasi oleh kiper Thailand, Kawin Thamsatchanan.
Namun, alih-alih menyamakan kedudukan, Indonesia justru kembali kebobolan pada menit ke-36. Gol Thailand kali ini diciptakan oleh Teerasil Dangda. Kedudukan 2-0 bertahan hingga babak pertama berakhir untuk Thailand. Gol blasan dari Indonesia tercipta di menit 53 melalui Boaz Solossa. Dijepit dua pemain belakang Thailand saat menjemput umpan silang Rizki Pora, Boaz masih memenangi duel untuk mengarahkan bola ke dalam gawang. Tiga menit kemudian, penyerang Indonesia, Lerby Eliandry berhasil menyamakan kedudukan dengan menjebol gawang Thailand saat bola yang dia lambungkan menggunakan kepala mengarah ke tiang jauh dan tak mampu digapai kiper.
            Pada kedudukan imbang, Thailand kembali menekan Indonesia. Sebelas menit sebelum pertandingan tuntas gawang Indonesia malah kebobolan. Kerjasama rapi yang dibangun Thailand dari sisi kanan pertahanan Indonesia berujung dengan Teerasil melepaskan tendangan mendatar dari luar kotak penalti. Bola yang bergulir kencang mengarah ke sudut bawah gawang tanpa bisa dihalau Kurnia Meiga.

Dengan waktu tersisa yang tak banyak, Indonesia terus mencoba menekan Thailand. Termasuk dengan memainkan Evan Dimas di 10 menit terakhir laga. Namun pemain Thailand, Teerasil memantapkan keungggulannya pada babak akhir menjadi 4-2 di laga perdana Piala AFF 2016 ini.

Berikut Susunan Pemain:
Thailand XI: Kawin, Peerapat ('72 Theerathon Bunmathan), Adison, Prathum, Tristan ('64 Korawit Narmwiset), Sarach, Tanaboom, Chanathip, Pokklaw, Sirod ('83 Charyl Chappuis), Teerasil



Indonesia XI: Meiga, Wahyudi, Lestaluhu, Basna, Aryanto, Lilipaly, Pradana ('90 Ferdinand Alfred Sinaga), Pora, Vermansah ('82 Evan Dimas Darmono), Eliandry ('74 Zulham Zamrun), Solossa 

No comments:
Write komentar

Label

Apakah Anda Puas Setelah Membaca Berita Di Kabar Ranah Minang