Wednesday 30 November 2016

Pesawat Yang Membawa Pemain Klub Brasil Chapecoense Terjatuh di Hutan




















Pesawat Yang Membawa Pemain Klub Brasil Chapecoense Terjatuh di Hutan

Rio Dejenairo, KRM-

         Sebuah pesawat yang berpenumpang sebanyak 81 orang, yang sebagian besar di antaranya adalah para pemain klub Brasil, Chapecoense, jatuh dalam perjalanan menuju bandara internasional Medellin, Kolumbia, Selasa, 29 November 2016.
             Kantor Berita Reuter menyebutkan soal kejadian ini belum jelas, tapi informasi yang beredar menyatakan ada beberapa yang selamat. Pesawat ini disebut jatuh di area pegunungan di luar Kota Medellin sebelum tengah malam waktu setempat. Pesawat carteran ini terbang dari Sao Paulo lalu transit di Bolivia sebelum menuju Medellin. Chapecoense, tim yang ada di dalamnya, sedang terbang menuju Medellin untuk bermain dalam final Copa Sudamericana melawan Atletico Nacional, tim lokal Medellin.
          Copa Sudamericana merupakan kejuaraan tahunan antarklub yang diadakan CONMEBOL, federasi sepak bola Amerika Selatan, sejak 2002.  Pemerintah Brasil menetapkan tiga hari berkabung nasional sementara putaran final Seri A musim kompetisi sepak bola Brasil ditunda satu minggu setelah para pemain dan staf Chapecoense tewas dalam kecelakaan pesawat.
            Konfederasi sepak bola Brasil (CBF) mengatakan, Selasa, rangkaian pertandingan akan diundur menjadi tanggal 11 Desember 2016 mendatang. Final Copa do Brasil antara Gremio dan Atletico Mineiro, yang akan dilangsungkan pada Rabu tanggal 30 November, diundur menjadi  juga  tanggal 7 Desember 2016. "Berkaitan dengan kecelakaan tragis yang dialami Chapecoense, CBF menetapkan masa berkabung selama tujuh hari di Brasil," juru bicara organisasi sepak bola itu dalam suatu pernyataan. Rombong Chapecoense sebelum bertolak dengan pesawat yang akhirnya jatuh di hutan belantara di negara tersebut dan menewaskan 76 penumpangnya.

Sebelumnya, Presiden Brasil Michel Temer mengumumkan penerapan masa berkabung nasional selama tiga hari. Menurut pihak berwenang, 76 orang tewas ketika sebuah pesawat sewaan jatuh di dekat kota Medellin, Kolombia, pada Senin malam.  Kepolisian mengatakan lima orang selamat sementara satu penumpang meninggal dunia di rumah sakit. Dari lima orang yang selamat, 3 di antaranya adalah pemain Alan Ruschel, salah satu pemain Chapecoense yang selamat dalam kecelakaan pesawat. Seluruh tim sepak bola Chapecoense beserta beberapa wartawan berada di pesawat British Aerospace 146 yang nahas itu. Otoritas setempat mengatakan mereka masih melakukan penyelidikan terhadap penyebab kecelakaan, yang terjadi di tengah badai hebat.
            Tim Chapecoense sebelumnya dijadwalkan melawan Atletico Nacional of Medellin dalam sesi pertama dari dua pertandingan final Copa Sudamericana pada Rabu. Badan pengurus sepak bola Amerika Selatan, Conmebol, mengatakan dalam pernyataan bahwa final Copa Sudamericana ditangguhkan, demikian pula dengan "seluruh kegiatan federasi (sepak bola, red)", demikian Kantor Berita Reuters (Antara/wandy)

No comments:
Write komentar

Label

Apakah Anda Puas Setelah Membaca Berita Di Kabar Ranah Minang