Tuesday 18 October 2016

Kapolresta dan Ketua DPRD Kota Solok Turun Bergoro Bangun Masjid













Tampak Ketua DPRD Kota Solok, Yutris Can didampingi Kapolresta Solok, AKBP Susmelawati saat berbaur bergoro bersama masyarakat Kelurahan Tanah Garam dalam merehab pembangunan Masjid Jabal Nur Taratak


Ketua DPRD Goro Bersama Polresta Solok
SOLOK, KP
        Ketua DPRD Kota Solok, Yutris Can, SE dan Kapolresta Solok, AKBP Susmelawati Rosya, SIK terjun langsung mengikuti kegiatan gotong royong bersama masyarakat di masjid Jabal Nur Taratak, Kelurahan Tanah Garam, kemaren. Goro tersebut juga diikuti oleh anggota Polresta Solok dan masyarakat kelurahan tanah garam.
         Kepada awak media, Ketua DPRD Kota Solok, Yutris Can, SE mengatakan, bahwa saat ini budaya gotong royong (goro) dalam kehidupan sehar-hari sudah mulai memudar dan DPRD bersama Polresta Solok ingin membangkitkan budaya tersebut. “Pada kegiatan goro yang sudah dilestarikan oleh nenek moyang kita dari dulu, terdapat rasa senasib dan rasa kebersamaan, berat sama dipikul ringan sama dijingjing, bukan berjalan individu,” tutur Yutris Can. Dirinya menghimbau agar masyarakat kembali membudayakan goro karena menurutnya dengan bersama kita pasti bisa. “Kenapa saya katakan demikian, karena nilai-nilai goro yang tumbuh dan berkembang di tengah masyarakat, adalah bagian dari budaya daerah yang perlu dilestarikan supaya lebih berhasil dan berdaya guna,” sambung Yutris Chan.
           Lebih jauh dijelaskkan Yutris Can, goro juga untuk memperkuat integritas sosial budaya masyarakat di tengah-tengah masyarakat dapat memperkokoh kesatuan bangsa dan negara. Ini perlu dilakukan, karena sejarah perjalanan daerah telah membuktikan bahwa semangat dan nilai kegotong royongan yang ada sejak dulu kala telah menjadi modal dasar yang sangat berarti dalam pelaksanaan pembangunan, baik oleh pemerintah maupun masyarakat. Perlu disadari budaya goro yang digalakan, tidak hanya sekedar bekerja sama dalam mengerjakan fisik, tapi juga merupakan filosofi dan semangat kehidupan yang memiliki kekuatan dahsat untuk mewujudkan berbagai hal yang bersifat non fisik.

            Sementara Kapolresta Solok, AKBP Susmelawati Rosya, SIK menyebutkan bahwa kegiatan goro bersama ini selain untuk bersilaturrahmi, juga mengajak masyarakat bahu-membahu membersihkan lingkungan, seperti untuk merehab masjid Jabal Nur Taratak Kelurahan Tanah Garam ini.    “Suasana keakraban yang terjalin antara warga masyarakat menandai adanya komunikasi yang mesra dalam sistem kelola pemerintahan demi terciptanya kemajuan kota Solok dan terwujudnya kota serambi madinah,” jelas AKBP Susmelawati. Dirinya berharap  dengan gotong royong ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan terus kita pertahankan (wandy)

No comments:
Write komentar

Label

Apakah Anda Puas Setelah Membaca Berita Di Kabar Ranah Minang