Saturday 22 October 2016

Bupati Gusmal Harus Secepatnya Tunjuk SKPD Baru


Dibutuhkan Penyegaran di SKPD Kabupaten Solok

SOLOK, KRM- Ketua LSM Perak, Yemrizon Dt Penghulu Nan Sati, berharap agar duet Pemerintahan Bupati Gusmal dan Wakil Bupati Yulfadri Nurdin, segera melakukan penyegaran di SKPD, agar gairah kerja para PNS kembali bangkit.
            “Kalau saya mengusulkan, agar Bupati dan Wakil Bupati segera menunjuk Kepala SKPD baru, atau minimal para Kabag dan Kabid di SKPD terkait untuk membangkitkan gairah kerja, karena selama delapan bulan kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Solok yang baru masih diisi oleh orang-orang dari pemerintahan yang lama. Meski nantinya yang akan menempati masih tetap orang-orang tersebut, namun kalau sudah ditunjuk Kepala Daerah untuk mengisi posnya yang baru dengan melakukan rolling atau mutasi, rotasi atau juga promosi, maka baru kita optimis para SKPD ini akan bergairah bekerja,” terang Yemrizon. Selama 8 bulan kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Solok yang baru, dirinya melihat disiplin para PNS masih jauh dari harapan. Bahkan sewaktu bupati Gusmal menggelar sidak usai upacara beberapa hari lalu, pada saat jam kerja banyak pegawai berkeluyuran di luar kantor, termasuk nongrong di kantin atau di kedai-kedai. “Mereka berpikir,untuk apa rajin bekerja toh belum tentu akan dipakai juga oleh Bupati yang baru. Padahal kalau mereka rajin, saya rasa Kepala Daerah tidak akan tutup mata dan pasti akan ada perhatian,” terang Yemrizon. 
            Ketua LSM Perak ini berharap agar Bupati Gusmal, segera melakukan penggantian kabinet, sebab sejak dilantik sejak 17 Februari lalu, SKPD masih diisi oleh Kepemimpinan Bupati lama serta tidak tampak memperlihatkan loyalitas yang tinggi kepada Kepala Daerah yang baru. “Saya yakin bahwa Bupati Solok Gusmal Dt Rajo Lelo pasti menyadari, jika untuk mendukung suksesnya program Empat Pilar Pembangunan, harus didukung oleh orang-orang yang mempunyai loyalitasyang tinggi, memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas serta tidak ABS,” terang Yemrizon. Di mata Yemrizon, keberhasilan program Empat Pilar Pembangunan yang akan dikembangkan Pemerintah Kabupaten Solok, tentu tidak lepas dari SDM pejabat yang akan mengisi SKPD terkait, termasuk loyalitasnya juga.

            Bupati Solok sendiri, ketika ditanya masalah rencana mutasi, rotasi dan promosi pejabat eselon II, III dan IV, menjawab bahwa dalam waktu dekat ini belum ada mutasi di Pemkab Solok. “Saya belum bisa memberikan jawaban pasti, sebab sampai hari ini  kita masih dalam tahap mempersiapkan ke arah tersebut. Begitu juga soal teknis penempatan pejabat SKPD, kita masih mencari orang-orang yang benar-benar berkompeten,” terang H. Gusmal. "Mutasi itu pasti akan bergulir, namun kita masih menunggu waktu yang tepat. Yang jelas kita masih terus mengamati kinerja Kepala SKPD, sekaligus melakukan evaluasi, apakah nantinya mereka layak atau tidak,” jelas H. Gusmal (wandy)

No comments:
Write komentar

Label

Apakah Anda Puas Setelah Membaca Berita Di Kabar Ranah Minang