Saturday 29 October 2016

Air Terjun Picuran Tujuah Potensi Wisata Garabak Data Yang Menawan

Lokasi air terjun Pincuran Tujuah, yang terletak di jorong Garabak nagari Garabak Data, kecamatan Tigo Lurah, Kabupaten Solok, sampai saat ini belum dikelola dengan baik dan masih tampak perawan, karena belum dikelola dengan baik oleh pemerintah

Tinggi 110 Meter dan Sangat Menawan
Picuran Tujuah Potensi Wisata Garabak Data Yang Masih Perawan
SOLOK, KP
            Air terjun Pincuran Tujuah, yang terletak di jorong Garabak nagari Garabak Data, kecamatan Tigo Lurah Kabupaten Solok, merupakan potensi wisata yang ada di Kabupaten Solok yang belum tergali.
            Lokasi air terjun pincuran tujuah, terletak sekitar 2 Kilometer dari kantor Walinagari Garabak Data atau sekitar 80 Kilometer dari Arosuka ibukota Kabupaten Solok. Menurut Walinagari Garabak Data, Pardinal, jika lokasi ini ditata dengan baik oleh Pemerintah Daerah, maka dipastikan akan menjadi objek wisata unggulan di Kabupaten Solok. Sayangnya air terjun Pincuran Tujuah, sampai saat ini masih perawan. “Jangankan jalan ke lokasi wisata pincuran tujuah, ke kantor walinagari saja jalan masih belum diaspal,” jelas Pardinal. Disebut Air terjun Pincuran Tujuah, karena tingkatan air terjun terdiri dari tujuh lapis yang memanjang dari atas bukit sebanyak tujuh tingkat dengan panjang 110 meter. “Konon kabarnya air terjun Pincuran Tujuah ini pada zaman dulu adalah tempat pemandian putri raja yang mendiami daerah Garabak Data,” terang Pardinal.

            Bupati Solok, H. Gusmal, mengakui bahwa masih banyak objek wisata yang ada di Kabupaten Solok yang belum tergali, termasuk objek wisata Pincuran Tujuah di Garabak Data, karena Kabupaten Solok sangat luas dan secara geografis alamnya lebih banyak perbukitan. Justru hal inilah yang membuat Kabupaten Solok tampak lebih indah,” jelas Gusmal.  Kedepannya Pemkab Solok akan lebih fokus membangun pariwisata, karena termasuk dalam empat Pilar pembangunan yang diusung Bupati dan Wakil Bupati Solok lima tahun kedepan (wandy)

No comments:
Write komentar

Label

Apakah Anda Puas Setelah Membaca Berita Di Kabar Ranah Minang