Saturday 3 December 2016

Tingkatkan Kecintaan Masyarakat Terhadap Wisata Kesenian Dan Budaya

Tingkatkan Kecintaan Masyarakat Terhadap Wisata Kesenian Dan Budaya

SOLOK, KRM-- Kecintaan masyarakat terhadap kesenian dan budaya perlu didorong. Ini tak lepas dari proses regenerasi . Generasi penerus budaya adat setempat berangkat dari kecintaannya terhadap budaya tersebut. Persoalannya, di era modern ini tak banyak generasi muda yang mau melestarikan kebudayaan asli daerahnya.

Wakil Walikota Solok, Reinier mengatakan, berangkat dari kondisi ini, penting di perbanyak kegiatan untuk mendorong kecintaan terhadap budaya dan kesenian. Seperti event-event kebudayaan dan kesenian di Sekolah dan Kampus. "Hal ini untuk membiasakan sekaligus upaya untuk melestarikan seni budaya dan pengkaderan," tegas Reinier, kemaren

Dengan menjadikan pengajaran yang dijadikan dalam bentuk pergelaran di dunia pendidikan, merupakan proses yang optimal untuk melestarikan budaya, seperti kesenian bermusik, tari, melukis, adat, proses-proses adat, kebiasaan-kebiasaan adat yang diwariskan dari para leluhur.

Selain itu dengan pendidikan kesenian, membuat para peserta didik menjadi cinta tanah air. Pastinya di Sekolah-sekolah akan banyak digelar pergelaran budaya dari seluruh Sumatera Barat, dan Seluruh Indonesia.

Para peserta didik sangat diharapkan untuk ikut turut aktif di kegiatan-kegiatan ekstrakulikuler yang berbudaya kesenian, menjadi lebih meriah dan bermakna. Selain itu Pemerintah Kota Solok untuk mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif untuk mendukung pembangunan daerah menuju kota jasa dan perdagangan.

Menurutnya pengembangan sektor wisata, merupakan langkah yang penting yang harus diperhatikan. Dan juga harus dapat menyentuh seluruh lapisan masyarakat.

Ia menjelaskan sektor pariwisata di Kota Solok yang sedikit memiliki objek wisata alam, diperlukan adanya pembangunan sarana dan prasaran untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Pemerintah Kota Solok, harus berencana mengembangkan sektor pariwisata sebagai produk ekonomi kreatif untuk mendukung pembangunan di daerah.

Dikatakanya peluang Kota Solok menjadi salah satu daerah tujuan wisata dapat terwujud,” selama ada kemauan dan mau bekerja keras mewujudkanya, peluang untuk Kota Solok selalu ada, dan dapat menjadi tulang punggung pembangunan di Kota Solok,” kata Reinier.

Dijelaskannya, sektor pariwisata, dimana masyarakat dapat tumbuh dan berkembang melalui dunia usaha kecil dan menengah."Untuk mendukung misi itu Kota Solok lebih pantas dan sangat tepat, akan dijadikan sebagai kota jasa, industri pariwisata berbasis ekonomi kreatif," kata Reinier.(Van)

No comments:
Write komentar

Label

Apakah Anda Puas Setelah Membaca Berita Di Kabar Ranah Minang