Tuesday 27 December 2016

Kaleideskop Bupati Solok dan Wakil Bupati Solok 2016


Kaleideskop Bupati Gusmal 2016

Merajuk Tiga Pilar Menuju ke Empat Pilar

 SOLOK, SN-
         GUBERNUR Sumatera Barat, Irwan Prayitno atas nama Menteri Dalam Negeri RI, resmi melantik H. Gusmal Dt Rajo Lelo, SE, MM, sebagai Bupati Solok dan  Yulfadri Nurdin, SH, sebagai Wakil Bupati Solok, priode 2016-2021 bersama 12 pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih di Sumbar, pada Rabu 17 Februari 2016 silam, bertempat di Kantor Gubernur Sumbar, Jalan Jendral Sudirman, Padang.
             Satu hari kemudian, ribuan masyarakat Kabupaten Solok, baik simpatisan, SKPD, PNS, Swasta, BUMN, Unsur Muspida dan para pemuka masyarakat, mendatangi kantor Bupati Solok, untuk menyaksikan acara serah terima jabatan (sertijab), yang digelar di Ruang Pelangi Kantor Bupati Solok. Meski acara dimulai jam  10 pagi WIB, namun sejak jam 07 pagi kantor Bupati Solok sudah dipadati oleh pendukung dan simpatisan Bupati terpilih, H. Gusmal dan Wakil Bupati, Yulfadri Nurdin. Ratusan aparat kepolisian dari Polres Arosuka Kabupaten Solok, juga sudah tampak bersiaga sejak pagi hari di lokasi sertijab, namun kerinduan masyarakat Kabupaten Solok akan kepemimpinan Gusmal dan Yulfadri Nurdin tampak begitu antusias. Hampir dari 74 nagari hadir di Kantor Bupati Solok. Bahkan ketika pasangan Gusmal-Yulfadri Nurdin turun dari rumah Dunas Bupati Solok bersama Pj Bupati Devi Kurnia dan dibawah iringan Kapolres Arosuka, AKBP Reh Ngenana, Ketua DPRD Kabupaten Solok, Hardinalis Kobal, SE, MM, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok, Yondri Samin dan Septrismen menuju lokasi sertijab yang berjarak sekitar 300 meter dari Rumah Dinas, ribuan masyarakat menyambut kehadiran Bupati baru, termasuk puluhan wartawan. Acara sertijab juga dilanjutkan dengan sertijab Ketua TP PKK Kabupaten Solok dari Ny. Lina Devi Kurnia kepada Ny. Des Gusmal dan juga Ketua GOW Kabupaten Solok dari Ny. Desra Ediwan kepada Ny. Dahlia Yulfadri Nurdin.

            Beberapa hari usai dilantik, Tampak Kepala Daerah melakukan sidak ke kantor-kantor, terkait lemahnya disiplin pegawai sebelumnya. Setelah itu, Bupati mulai melakukan pembenahan diberbagai lini SKPD, termasuk melakukan rapat koordinasi dengan para SKPD di lingkup Pemkab Solok. Seiring waktu berjalan, Bupati sebagai Kepala Daerah, melakukan sosialisasi untuk mensukseskan acara TdS yang Kabupaten Solok mendapat grand opening TdS ke-8 tepatnya pada tanggal 8 Agustus 2016.
         Sebelumnya, tanggal 5-8 April 2016, dibawah kondisi cuaca yang kurang bersahabat di alam Lembah Gumanti, kembali dilakukan pembukaan Festival Danau Kembar (FDK) yang beberapa tahun sempat menghilang. FDK yang diselenggarakan di Convention Hall Alahan Panjang Resort. Acara yang diramu Semi Formal ini di hadiri oleh Bupati Solok H. Gusmal Dt. Rajo Lelo, Wabup Yulfadri Nurdin, Ketua TP PKK Kab. Solok Ny.  Desna Devi Gusmal, Ketua GOW Kab. Solok Ny. Dahliar Yulfadri Nurdin, Gubernur Sumbar yang di wakili oleh  Ass II Ir. Syafrudin dan Seluruh Kepada SKPD di lingkungan kepemerintahan Kab. Solok serta Camat dan Walinagari se-Kab. Solok.

        Dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI yang ke-71, Pemkab Solok menggelar acara Pawai Alegoris dan pawai pembangunan yang diselenggarakan di Nagari Cupak. Acara berlangsung tanggal 15 Agustus 2016 dan berjalan sangat meriah. Pawai diikuti oleh seluruh sekolah dengan berbagai antraksi dan pakaian daerah serta kendaraan hias dari seluruh dinas dan instansi yang ada di Kabupaten Solok, dimulai dari Sungai Rotan dan Finish di depan Simpang Tugu Nagari Cupak
             Masih Pada bulan Agustus, tepatnya tanggal 17 Agustus 2016, Wabub Solok menjadi inspektur Upacara di Puncak Gunung Talang, yang dihadiri oleh sekitar 6000 orang rombongan penggiat kelompok pencinta alam (KPA) yang terdiri dari mahasiswa pecinta alam (Mapala), siswa pencinta alam (Sispala), dan komunitas lain serta organisasi kebencanaan lainnya.
          Seiring hari berganti hari, Bupati Gusmal dan Wakil Bupati Yulfadri Nurdin yang mengusung Program Empat Pilar sangat ber­hubungan dengan kepen­tingan dasar masyarakat, seperti ekonomi kerakyatan, pendidikan, pelayanan kesehatan yang prima serta pemerintahan yang baik dan bersih. Setidaknya Tiga Pilar Pertama berkaitan dengan indeks Pem­bangunan Manusia (IPM), Tiga pilar tersebut didukung oleh sistem dan penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih. Dalam mewujudkan empat pilar, tentu perlu proses yang pastinya melibatkan seluruh elemen masyarakat. Jika masyarakat dilibatkan maka mereka akan merasa ikut bertanggung jawab dalam mengimplementasikan. Langkah positif lainnya yang sedang digalakan oleh duet Bupati H. Gusmal dan Wakil Bupati Yulfadri Nurdin adalah Program Maghrib Mengaji dan Subuh Berjamaah yang juga harus mendapat dukungan dari seluruh elemen masyarakat seperti BMN, KAN dan Waliangari. “Saya ingin menjadi iman yang baik bagi masyarakat Kabupaten Solok. Meski ini sangat berat, tapi ini harus dilaksanakan dan dimulai dari sekarang. Meski untuk tahap awal hanya mungkin beberapa persen saja masyarakat yang akan mengikuti, tapi saya berharap setiap hari dan tahun terus bertambah,” jelas H. Gusmal.
            Kegiatan rutin Bupati dan Wakil Bupati lainnya, selain menghadiri acara resmi di nagari, menghadiri undangan ke pemerintah pusat atau mengikuti Sidang Paripurna, hampir setiap hari Bupati dan Wakil Bupati menerima kritikan dan saran dari masyarakat baik yang datang langsung ke rumah dinas atau ke kantor Bupati sendiri.
             Empat bulan usai dilantik, Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo, SE, MM, menerima penghargaan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), dari Presiden RI, Joko Widodo, Minggu pagi, tanggal 26 Juni 2016. Penghargaan itu diserahkan, dalam pada puncak peringatan Hari Anti Narkoba (HANI) Tahun 2016, bertempat di Lapangan Parkir Jalan Cengkeh, Pinangsia Taman Sari, Jakarta.
Bupati Solok, menjadi satu-satunya Kepala Daerah di Indonesia yang menerima penghargaan P4GN baik Bupati, Walikota atau Gubernur. Selain Bupati Solok, penghargaan P4GN juga diserahkan kepada Dirjen Bea dan Cukai, Heru Pambudi, SE. LLM, Pendiri rumah Cendana, Deradjat Ginanjar Koesmayadi, Cinema XXI, CEO Cinema XXI Bpk Hans Gunadi, Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, Kombespol Drs. John Turman Pandjaitan dan Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri, Brigjen Polisi Dharma Pongrekun. Bupati menerima penghargaan itu atas kegighannya memberantas narkoba melalui sosialisasi BNK yang rutin dilaksanakn setiap akhir tahun yakni Jambore BNK.
           Sementara hasil rapat tim anggaran DPRD bersama tim angggaran pemerintah daerah di Padang beberapa waktu lalu juga  disepakati beberapa perubahan dalam KUA PPAS, seperti adanya penambahan Pendapatan Asli Daerah sebesar 2,5 miliar rupiah lebih. Yaitu dari Rp 57.971.316.792 menjadi Rp 60.500.000.000, ini sesuai dengan target yang telah ditetapkan pada RPJMD tahun 2016-2021,sehingga total pendapatan daerah yang semula Rp1.210.370.532.502 menjadi Rp 1.212.899.215.710. Kemudian juga terjadi peningkatan belanja pada KUA PPAS tahun anggaran 2017 sebesar 2,5 miliar lebih. Penambahan belanja ini dialokasikan untuk belanja sekretarian DPRD sebesar 2 miliar.
            Kini, beberapa detik lagi Bupati Solok akan melantik Kepala SKPD baru yang merupakan hail seleksi pansel dan mereka itulah nantinya yang akan menjadi ujung tombak sukses atau gagalnya Kepala Daerah (wandy)

No comments:
Write komentar

Label

Apakah Anda Puas Setelah Membaca Berita Di Kabar Ranah Minang