Saturday 10 December 2016

Cuaca Buruk Melanda Hampir Seluruh Daerah di Sumatera Barat





















Cuaca Buruk Melanda Hampir Seluruh Daerah di Sumatera Barat

SOLOK, KRM
         Ramalan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ketaping Padangpariaman, Sumatera Barat beberapa waktu bahwa  cuaca buruk melanda wilayah pesisir dan sebagian daratan Sumatera Barat bulan Desmeber 2016 ini terbukti.
Saat ini, di beberapa Kabupaten dan kota di Sumbar, seperti Pesisir Selatam, Agam, Padang Pariman, Padang Panjang, Kota Solok, Tanah Datar, Kabupaten Solok, Mentawai, Solok Selatan dan daerah lainnya dalam dua Minggu terakhir dilnda hujan dan angin kencang. "Ya, cuaca buruk akan melanda hampir seluruh daerah Sumatera Barat, terutama yang berada di kawasan Pesisir Pantai dan sebahagian daratan," jelas Kasi Observasi dan Informasi BMKG Kataping Padangpariaman, Budi Samiaji, di Pariaman, beberapa waktu lalu. Cuaca buruk tersebut terjadi karena masih adanya peningkatan awan hujan yang berada di langit Sumbar dan sekitarnya. Dijelaskan Budi, cuaca buruk melanda hampir seluruh daerah pesisir Sumatera Barat, mulai terjadi pada Minggu kemaren dan wilayah paling parah dilanda cuaca buruk terdapat di Perairan Mentawai, Pesisir Selatan dan Kabupaten Solok.
           Berdasarkan ramalan BMG, arah angin berdasarkan pantauan BMKG Kataping saat ini bertiup dari Barat ke Timur dengan kecepatan 35 Kilometer per jam. Sedangkan tinggi gelombang mencapai 2,5 meter akibat cuaca buruk.  Sementara intensitas hujan tinggi terjadi hampir pada seluruh daerah pesisir pantai Sumatera Barat. Dimulai dari Kota Padang, Tiku, Kota PadangPanjang, Kota Bukittinggi dan Kota Payakumbuh dan Kabupaten Solok.

Sesuai pantauan media ini sejak beberapa hari yang lalu, di Kabupaten Solok hampir siang malam terjadi hujan dan angin kencang. “Kalau cuaca begini terus, ekonomi kita bisa lumpuh,” jelas Aldi, warga jorong Balai Oli, Nagari Jawi-Jawi Guguk. Sementara beberapa ricmilling masyarakat, tampak berhenti beraktivitas, dikarenakan gabah tidak ada yang kering karena matahari tidak pernah terlihat. BMKG memperkirakan dalam beberapa hari ke depan intensitas cuaca buruk akan menurun untuk wilayah pesisir selatan Sumbar (wandy)

No comments:
Write komentar

Label

Apakah Anda Puas Setelah Membaca Berita Di Kabar Ranah Minang