Thursday 20 October 2016

Peringatan HUT ke-31 SMP Negeri 3 Gunung Talang Meriah














Dihadiri Bupati dan Ketua DPRD Kabupaten Solok:
Peringatan HUT ke-31 SMP Negeri  3 Gunung Talang Meriah

   SOLOK, SB-Peringatan puncak hari jadi atau HUT SMP Negeri 3 Gunung Talang yang ke-31 atau dulu bernama SMP Negeri Guguk, hari Kamis tanggal 20 Oktober 2016, berlangsung meriah. Acara yang digelar di halaman sekolah yang beralamat di Jalan Raya Padang Solok, KM 17 Pasar Usang Guguk tersebut, disi dengan berbagai kegiatan seperti penampilan seni tari dari berbagai kelas, antraksi lagu-lagu Minang dan Dangdut, penyerahan hadiah kepada pemenang lomba. 
            Tampak hadir pada acara HUT ke-31 tersebut, Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo, SE, MM, Ketua DPRD Kabupaten Solok, H. Hardinalis Kobal, SE, MM, Wakapolres Arosuka Solok, Kompol Cipto Hardjono, Kadisdikpora Kabupaten Solok, Zulfadli, Danramil 0309  Talang, Sekcam Gunung Talang, Yuspardi Malin, CSR PT. Tirta Investama  (Aqua Danone Grup), Jon Betrit, Kepala UPT Pendidikan Gunung Talang, Zarlisno Antoni, Para Kepala SMP sekecamatan Gunung Talang, seperti, Yulidasmar  Kepsek SMP 1 Guntal,  Erfimarnis dari SMP 2 Guntal, H. Sakar Soeib, SMP 6 Guntal, Anggota DPRD Kabupaten Solok, Yetty Aswaty Garende, Ketua Komite Syawardi, Ketua Alumni SMP Gunung Talang Sofriwandy NR, Seluruh mantan guru yang pernah mengajar di SMP 3 Gunung Talang, para Alumni, Walinagari Koto Gadang Guguk, Adri dan undangan lainnya.
           Ketua panitia pelaksana, Nurhayani dalam laporannya, menyampaikan bahwa tujuan acara ini adalah untuk menjalin silaturahmi antara warga sekolah dan SMPN 3 Gunung Talang dengan pemerintah dan seluruh jajaran yang ada. Sesuai dengan peringatan HUT sekolah SMPN 3 Gunung Talang ini, diharapkan dapat mengembangkan bakat dan minat siswa Sekolah.
           Kepala SMP Negeri 3 Gunung Talang, Suardi, SPd, dalam kata sambutannya memaparkan sejarah berdirinya SMP Negeri 3 Gunung Talang sekitar Tahun 1984 silam, dimana waktu itu dirinya juga mengajar disana dan sekolah tersebut merupakan Filial dari SMP Cupak. Bahkan semasa berdiri, sekolah ini sangat disegani karena sering menjadi jauara sepakbola dan Vollyball tingkat Kabupaten Solok dan Sumbar.  Saat ini SMP 3 Gunung Talang juga termasuk salah satu sekolah dari 6 sekolah SMP di Kabupaten Solok yang Akreditasi A dan termasuk salah satu ssekolah adiwiyata di Sumbar. “Kami menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak, yang sudah ikut mensukseskan acara ini terutama kepada  baik majelis guru, komite sekolah, Alumni dan juga orang tua siswa, sehingga acara ini bisa berjalan dan terlaksana dengan baik,” tutur Kepsek Suardi. 
              Mantan Kepsek SMP 5 Gunung Talang itu, juga menceritakan bahwa pada usia yang ke-31 ini, SMP 3 Gunung Talang sudah memiliki Alumni sebanyak 3700 orang lebih,  dan bekerja pada berbagai profesi, seperti pertanian, Wiraswasta, TNI, Wartawan, Perbankan, PNS dan juga bisnis di dalam dan luar negeri. “Para alumni SMP 3 Gunung Talang sudah tersebar dan bekerja di seluruh tanah air, bahkan ada yang di Perancis, Amerika, Abudabi, Malaysia, Australia dan Jepang. “Sumbangish dari alumni dalam memajukan sekolah ini, sangatlah besar. Sehingga kami berharap agar kerjasama yang terjalin selama ini, bisa terus ditingkatkan. Terimakasih alumni!,” terang Suardi dengan bangga.
                Sementara Ketua Alumni SMP Negeri 3 Gunung Talang, Sofriwandy NR, selain menyampaikan ucapan Selamat HUT kepada sekolah, juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Solok, H. Gusmal,  SE, MM, Ketua DPRD Kabupaten Solok, H. Hardinalis Kobal, SE, MM, Kapolres Arosuka yang diwakili Wakapolres Kompol Cipto Hardjono dan pihak Aqua serta seluruh rekan-rekan alumni yang sudah ikut memberi sumbang sih, baik moril mapun materil dalam peringatan HUT Sekolah SMP yang ke-31, sehingga bisa berjalan sukses dan meriah. “Pokoknya kepada semua pihak yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu, kami menyampaikan ucapan terimakasih yang tidak terhingga, terutama atas kehadiran Bapak Bupati dan Ketua DPRD Kabupaten Solok,” terang Sofriwandy.
                Ketua DPRD Kabupaten Solok,  Hardinalis Kobal, SE, MM, dalam sambutannya, selain menyampaikan ucapan selamat Hari Jadi SMP Negeri 3 Gunung Talang yang ke-31, juga berharap kedepannya sekolah ini makin menampakan prestasi, apalagi dengan didukung oleh para alumni yang jumlahnya tersebar diseantero nusantara, sukses dalam prestasi dan sukses dari segi kualitas pendidikan. “Jadikanlah Hari Jadi ini untuk evaluasi dan merenung, apa saja yang sudah kita raih dan apa yang dari segi apa kita tertinggal. Hal ini jelas bertujuan untuk memajukan pendidikan. Hal ini perlu songkongan kita semua, baik, Komite Sekolah, Alumni, Orang Tua Siswa dan semua masyarakat yang ada dan juga para guru-guru karena Kabupaten Solok ini bisa kita bangun hanya secara bersama,” terang H. Hardinlais Kobal. Ditambahkannnya, sebagai Ketua DPRD, pihaknya sangat mendukung program Program Empat Pilar yang diusung oleh duet pemerintahan Bupati Gusmal dan Wakil Bupati Yulfadri Nurdin. “Kami di DPRD jelas akan mendukung program Bupati Solok, terutama masalah pendidikan, menuju pendidikan profesional agar melahirkan generasi yang potensial untuk kedepannya,” terang H. Hardinlais Kobal.
             Sementara Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo, SE, MM, dalam arahannya menyampaikan hampir senada dengan Ketua DPRD Kabupaten Solok, bahwa peringatan hari Ulang Tahun Merupakan ajang untuk introveksi supaya kedepanya kita bisa berpengalaman dengan apa yang telah kita lakukan sebelumnya. “Masalah pendidikan adalah tanggung jawab kita bersama sebagai orang tua dan juga guru yang mendidik anak-anak disekolah dengan susahnya, karena semua pada zaman sekrang kalau guru berbuat salah kepada murid bisa diberikan sagsi hukuman (pidana). Kemudian sebagai guru dan orang tua, kita perlu mencurigai siswa baik di rumah atau di sekolah, karena pengaruh media sosial dan dunia maya bisa diakses oleh anak-anak melalui Handphone,” harap H. Gusmal. Dijelaskan Bupati Gusmal, mengajar murid pada zaman sekarang tidaklah sama dengan mengajar masa lalu dan kepada guru yang mengajar mari kita sama-sama dengan orang tua murid untuk melakukan komunikasi masalah anak didik kita yang kita cintai. “Kepada alumni dan juga ketua Alumi SMPN 3 Gunung Talang, mari kita sama-sama membantu atau menyumbang pikiran masalah pendidkan disekolah SMPN 3 Gunung Talang ini, khususnya supaya dari tahun ke tahun meningkat dan Go National Green School,” terang H. Gusmal. Peran pemerintah sangatlah penting dalam pedidikan, dan mari kita sama-sama membangun pendidikan Kabupaten Solok ini untuk meningkat dari tahun ke tahun. Bupati juga meminta agar di sekolah juga diterapkan pendidikan berbudaya, terutama harus sinkron dengan  Agama. Pemerintah Kabupaten Solok telah menetapkan program Magrib mengaji dan Subuh berjamaan untuk masyarakat Kabupaten yang madani. “Mari kita jadikan sekolah ini untuk membentuk mental yang baik dan kepada guru juga diharapkan agar mempunyai inovasi dan kreativitas agar tidak kalah oleh siswa,” terang H. Gusmal (Ririn/wandy)


No comments:
Write komentar

Label

Apakah Anda Puas Setelah Membaca Berita Di Kabar Ranah Minang