- Download all
Oleh : Risko Mardianto
SELAIN bisa menjadi sebuah kebanggaan
tersendiri, memiliki kendaraan tentunya akan lebih memudahkan Anda dalam menjalankan
berbagai urusan. Ketika Anda membeli kendaraan secara kredit melalui perantara
perusahaan leasing, tentu Anda harus sudah siap dengan segala konsekuensinya.
Membeli secara kredit melalui leasing memang mengharuskan Anda membayar
angsuran dan cicilan setiap bulannya. Dalam melakukan pembayaran angsuran ini
tidak sedikit kasus dari para kreditur yang melakukan keterlambatan dalam
pembayaran. Saat kreditur ini terlambat melakukan pembayaran maka mereka harus
menanggung risikonya. Dari resiko denda hingga penarikan kembali kendaraan yang
Anda kredit bisa menjadi ancaman bagi Anda ketika terlambat membayar angsuran.
Salah satu
ancaman terbesar dari terlambat membayar adalah ditariknya kembali kendaraan
Anda oleh pihak leasing melalui perantaranya yaitu para tukang penagih hutang
(debt collector). Para debt collector ini memang tak jarang dan tak ragu
mengambil paksa kendaraan Anda yang mengalami kredit macet dalam waktu yang
lama. Tentu saat terjadi hal ini Anda akan sangat dirugikan. Karena selain Anda
kehilangan kendaraan Anda, angsuran yang telah Anda bayarkan dalam bulan-bulan
sebelumnya tidak akan bisa diambil lagi.
TERMAKTUB
DALAM PERATURAN MENTERI KEUANGAN
Jika Anda
adalah salah satu orang yang takut dan khawatir dengan adanya kejadian
pengambilan paksa kendaraan oleh debt collector ini, maka saat ini Anda bisa
bernafas lega. Mengapa? Hal ini disebabkan karena sejak tahun 2012, Kementerian
Keuangan telah menerbitkan peraturan yang melarang perusahaan leasing untuk
menarik secara paksa kendaraan dari nasabah yang menunggak pembayaran kredit
kendaraan. Maka dengan adanya peraturan ini, Anda sebagai pemilik kendaraan
baik motor maupun mobil yang sifatnya masih kredit melalui lembaga pembiayaan
(leasing)tidak perlu lagi merasa resah, gelisah, dan khawatir akan berhadapan
dengan tukang tagih hutang dari leasing (debt collector) yang akan menarik atau
merampas kendaraan dari tangan Anda hanya karena Anda telat atau lalai-gagal
dalam memenuhi kewajiban pembayaran cicilan kredit bulanan.
Pada 7
Oktober 2012 silam, Menteri Keuangan Agus Martowardojo memang secara resmi
telah mengeluarkan peraturan yang melarang leasing atau perusahaan pembiayaan
menarik secara paksa kendaraan dari nasabah yang menunggak kredit kendaraan.
Peraturan ini sendiri tercantum dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor
130/PMK.010/2012 tentang pendaftaran fidusia bagi perusahaan pembiayaan. Dengan
telah diterbitkannya peraturan Fidusia tersebut, maka pihak leasing tidak
berhak untuk menarik atau mengambil kendaraan Anda secara paksa. Penyelesaian
terhadap nasabah yang lalai dalam melakukan pembayaran kewajiban atas beban
cicilan kendaraan diselesaikan melalui jalur hukum.
DEBITUR
TETAP HARUS BERTANGGUNG JAWAB ATAS ANGSURANYA
Meski
demikian, PMK tersebut tentu saja tidak serta merta membebaskan nasabah dari
tanggung jawab cicilannya.Dengan adanya peraturan menteri tersebut, nasabah
masih diharuskan untuk membayar cicilan dan angsuran setiap bulannya. Ketentuan
ini kemudian dipertegas oleh beberapa perusahaan leasing kendaraan roda empat dan
dua.Menurut Branch Head Bussan Auto Finance (BAF), Sumawijaya mengatakan,
peraturan kementerian keuangan tersebut memang telah diterapkan di leasing BAF.
Namun Sumawiijaya menjelaskan, peraturan yang dikeluarkan tersebut, tetap
membebankan nasabah terhadap tanggung jawabnya dalam cicilan kredit kendaraan
yang diambil. Keterangan ini pada akhirnya membantah spekulasi kabar bahwa
nasabah akan lepas dari tanggung jawab. Pada saat pertama kali muncul kabar
ini, nasabah pembeli kendaraan secara kredit ini memang dibuat bingung dengan
kebijakan dari peraturan PMK tersebut. Mereka mengira bahwa mereka bisa
terbebas dari kewajiban membayar angsuran kepada pihak leasing.
PEMBERLAKUAN
PERATURAN FIDUSIA
Lebih
lanjutnya, sesuai peraturan yang ada pada PMK tersebut, nasabah atau debitur
yang melakukan pembelian motor melalui sistem kredit ini nantinya akan
didaftarkan secara fidusia. Peraturan fidusia ini sendiri berlaku sangat kuat
karena debitur dan kreditur akan didaftarkan ke Kemenkum HAM. Dengan demikian
secara resmi perusahaan leasing dan konsumen bersangkutan saling terikat dan
memiliki perjanjian yang harus dijalani. Misalkan untuk debitur, mereka
nantinya akan mendapatkan sertifikat fidusia, di mana dalam perjanjian motor
yang telah dipegang atas nama mereka tidak boleh dialihkan sepihak.
Apabila
terjadi peralihan kendaraan secara sepihak tanpa sepengetahuan pihak pembiayaan
maka ini berarti nasabah atau debitur dinyatakan telah melanggar dan melakukan
tindakan pidana. Maka dengan adanya peraturan secara fidusia ini sendiri
sebenarnya kedua belah pihak antara dbitur dan kreditur memiliki kekuatanya
sendiri-sendiri. Jika tadi debitur atau nasabah bisa lebih tenang karena tidak
akan ada pengambilalihan paksaan kendaraan, maka pihak leasing pun akan semakin
kuat dari sisi risiko kemacetan dan tunggakan.
BERTUJUAN
SUPAYA TINGKAT TUNGGAKAN TERUS BERKURANG
Kembali ke
masalah pengambilalihan paksa kendaraan oleh leasing. Dengan adanya peraturan
PMK ini maka jika nasabah tidak melakukan pembayaran kendaraan bermotornya sesuai
perjanjian, pihak leasing akan melakukan analisis. Mereka akan menganalisis
kendala apa yang menyebabkan nasabah telat membayar. Dalam hal ini pihak
leasing kemudian akan masih memberi toleransi satu sampai tiga bulan asalkan
nasabah memiliki niat baik untuk membayar.
Lebih jauh
terkait peraturan PMK ini, diharapkan dengan adanya peraturan ini tingkat
tunggakan pun terus berkurang dari tahun ke tahun. Ditambah lagi dengan aturan
Bank Indonesia (BI) yang menyebutkan DP minimal kredit kendaraan harus 20 persen
dari harga kendaraan maka hal ini akan membuat pemberian kredit pun semakin
potensial kepada nasabah yang mampu. Dengan adanya peraturan tambahan dari BI
ini maka kemungkinan terjadinya pembelian kredit kendaraan akan berada pada
konsumen yang tepat yang bisa melunasinya hingga akhir angsuran.
MENGUNTUNGKAN
KEDUA BELAH PIHAK
Pada
akhirnya peraturan ini akan saling mengutungkan diatara para perusahaan leasing
dan debitur. Saat debitur diwajibkan tetap membayar angsuran maka peraturan
tersebut tidak untuk membuat perusahaan merugi, melainkan untuk memberikan
kekuatan dari sisi nasabah dan juga leasing. Jika menilik lebih dalam
sebenarnya pihak leasing akan selalu memberikan solusi pada para nasabahnya
untuk bisa membuat mereka tetap lancar dalam melakukan pembayaran. Namun jika
terjadi sesuatu yang sudah tidak bisa ditoleransi seperti keterlambatan hingga
berbulan-bulan lamanya maka pihak leasing mau tak mau memang harus tegas dengan
menyuruh debt collector menagihnya (penulis adalah mahasiswa UMMY Tinggal di
Solok)
No comments:
Write komentar