Friday 11 November 2016

Zul Elfian Soan Dengan Pejuang Veteran

Wako Solok: 10 November Bukan Sekedar Seremonial
SOLOK, KRM - Peringatan Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November merupakan momentum untuk mengingat jasa  pahlawan dalam memerdekakan tanah air. Peringatan ini bukan hanya acara seremonial belaka. Namun harus menjadi motivasi untuk memperbaiki bangsa.

Demikian disampaikan Walikota Solok Zul Elfian usai acara tabur bunga di taman Makam Pahlawan di Kelurahan Nan Balomo, Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok, Kamis (10/11) pagi.

Walikota Solok mengungkapkan, tiap peringatan 10 November,pemerintah senantiasa memperhatikan para veteran dengan memberikan bingkisan untuk mengenang jasa mereka. Walaupun tidak seberapa, namun itu merupakan tanda pemerintah masih mengingat jasa-jasa pahlawan.

Peringatan Hari Pahlawan ke-71, kata Zul Elfian, harus dimaknai dengan perjuangan untuk generasi masa akan datang. Karena, kemerdekaan saat ini bukanlah hadiah dari penjajah, tapi murni dari pengorbanan jiwa dan raga rakyat Indonesia.

Zul Elfian mengucapkan rasa syukur dan terima kasih yang sebesarbesarnya atas perjuangan dari para pahlawan yang telah berjuang dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Sebab, berkat para pejuang tersebut, Indonesia saat ini sudah telah lepas dari penjajahan.

“Berkat kegigihan para pejuang yang telah mengorbankan harta, nyawa, dan lainnya untuk Indonesia merdeka. Untuk itulah, jangan lupakan jasajasa perjuangan mereka dalam merebut kekuasaan dari penjajah tersebut,” ucap Zul Elfian.

Sebagai anak bangsa yang baik, para pejuang ini harus dihormati oleh masyarakat dan negara. Sebab, jasa-jasa mereka mewujudkan kemerdekaan tak bisa dibayarkan oleh apa pun. “Untuk itulah, kita sebagai generasi bangsa mendoakan mereka, baik yang telah gugur maupun belum untuk diberikan ke tempat yang terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa,” ucapnya.

Sebagai abdi negara, katanya, Pemerintah Kota Solok telah memberikan santunan kepada veteran tersebut. Selain itu, veteran ini telah diberikan haknya kepada negara dengan gaji per bulan.  “Untuk itu, kami mendorong agar legiun veteran ini bisa lebih baik lagi hidupnya. Selain itu, masyarakat pada umumnya harus membantu untuk kelangsungan hidup mereka maupun anak-anaknya,” ucapnya.

Tempat sama, Wakil Walikota Solok Rinier mengungkapkan, peringatan 10 November harus kita maknai lebih dalam dengan menjadikan persoalan yang terjadi sekarang ini menjadi persoalan bersama yang harus dituntaskan bersama. "Kita melihat tantangan yang dihadapi masyarakat sekarang ini bersifat global seperti tekhnologi dan persoalan ekonomi," tuturnya.

Reinier menegaskan, generasi muda harus mampu melepaskan diri dari belenggu dari persoalan bangsa dan ikut mengisi kemerdekaan dengan kegiatan positif dan kreatif.

Peringatan hari pahlawan 10 November di diisi dengan kegiatan peletakan karangan bunga oleh Walikota Solok -Wakil Walikota Solok dan Kapolres Solok Kota. Selanjutnya dilakukan kegiatan tabur bunga dan silaturahmi dengan para veteran Kota Solok.(Van)

Sekdako Solok: Hormati Jasa Pahlawan, Dengan Memperkokoh Jati Diri Bangsa
SOLOK, KP - Sebagai bangsa yang berbudaya dan telah menikmati kemerdekaan dan hasil pembangunan, sudah selayaknya memberikan penghormatan atas jasa-jasa pejuang perintis kemerdekaan. Meskipun tidak sebanding, bahkan penghormatan yang dilakukan bangsa Indonesia kepada pahlawan, masih belum cukup untuk menebus jasa mereka, yang telah berjuang demi kemerdekaan Indonesia. namun kita tetap ikut ambil bagian dalam mewujudkan keinginan para pejuang, yakni mewujudkan cita-cita proklamasi dan mengisi kemerdekaan.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah Kota Solok Rusdianto menyalami para pejuang veteran solok usai mengelar Upacara Hari Pahlawan di Lapangan Merdeka, Rabu (10/11).

Dikatakan Rusdianto, silaturrahmi ini juga dilakukan sebagai wujud syukur dan merupakan momentun berharga untuk memupuk dan memperkuat komitmen jati diri anak bangsa untuk menghargai jasa-jasa para sesepuh dan tokoh pejuang.

Dihadapan veteran Rusdianto memperkenalkan diri sebagai Sekretaris Daerah Kota Solok yang terpilih melalui jalur seleksi umum. Veteranpun dengan antusias membalas berjabat tangan dengan penuh harapan kepemimpinan Sekda yang baru ini bisa membawa Aparatur Sipil Negara mampu bekrja dengan baik dan memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan penuh tanggung jawab.

“kita tidak pernah akan lupa atas sejarah yang telah diperjuangkan oleh para veteran untuk mempertahankan Derah bahkan Negara untuk mengusir penjajah demi kemerdekaan bangsa ini ”, ucap Rusdianto Sekretaris Daerah Kota Solok.

Lebih jauh Ia mengatakan, kehadiran para sesepuh dan tokoh pejuang di tengah-tengah kita pada acara yang penuh bersejarah ini, akan menjadi kekuatan spirit dan sekaligus motivasi sebagai generasi penerus bangsa dalam mengisi kemerdekaan bangsa Indonesia, khususnya di Kota Solok yang kita cintai ini, terangnya.

Rusdianto berharap kepada seluruh lapisan masyarakat untuk mengekalkan cara berpikir dengan memandang ke belakang terlebih dahulu, agar mendapatkan hasil yang maksimal di masa depan.” Karena, sebuah anak panah, sampai kapanpun, ianya tak akan dapat lepas dari busur, tidak akan dapat meluncur cepat dan tepat ke sasaran, apabila tidak ditarik ke belakang terlebih dahulu,” ucapnya.(Van)

No comments:
Write komentar

Label

Apakah Anda Puas Setelah Membaca Berita Di Kabar Ranah Minang